MEKANISME MUSREMBANG DESA SITU ILIR 2017




Bogor Barat,  Melalui mekanisme musdus ( Musywarah Dusun) dilaksnakannya di 6 Rw terjadilah musrembang desa, di RAPBdes 100 %, 60% dibagi 6 Rw untuk infrastruktur dan Pemberdayaan,  yg 40% itu desa yg mengusulkan mana mana yg layak di bangun. Dominan jalan lingkungan dan irigasi, contohnya yg 1 m yg 60% kewenangan Rw,  aset desa yaitu : gedung pos yandu 2, yg akan bangun 2, ipal komunal. Kalau PAUD itu harus tanahnya dihibahkan ke desa,  jadi aset desa.

Klaripikasi terkait RTLH " belum ada kejelasan mengenai pajak RTLH, karna masih tarik ulur,  kata di tata bangunan tidak ada pajak kata dinas pendapatan daerah harus kena pajak kalau di hitung secara global,  itukan anggaran besar secara keseluruhan " ujar kepala desa situ ilir Subhan yg menjadi ketua paguyuban kepala desa se kecamatan cibungbulang.

Musrembang Desa Situ Ilir, terdapat beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Hal pokok yang dibahas antara lain mengenai Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa 2018 (RAPBDes 2018), Kesepakatan Rencana Pembangunan, dan Pendelegasian hasil kesepakatan tersebut.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan penting bagi masyarakat Desa Situ Ilir karena hasil musyawarah tersebut akan menjadi pedoman arah nasib desa untuk satu tahun mendatang. Biasanya Musrembang Desa ini diadakan tiap 1 (satu) tahun sekali. Dalam Musrembang Desa ini biasanya, dihadiri oleh Ketua Tim MusrembangDes, Ketua BPD, Ketua LPM, Aparat Kecamatan (yang pada saat MusrembangDes 2017 ini diwakili oleh Kasie. Pelayanan Umum) dan beberapa elemen masyarakat Desa Situ Ilir sendiri.

Program atau perencanaan yang diusung dalam MusrembangDes ini merupakan upaya sinergisasi elemen masyarakat bersama-sama dengan pejabat pemerintah setempat melalui musyawarah demi tercapainya kesejahteraan desa Situ Ilir.

Reporter : Aabun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waw Hati - hati !!! Pembalut Wanita Dapat Merenggang Maut

SEREN TAUN LEUWEUNG KOLOT CIBUNGBULANG BOGOR

Kepengurusan LSM - FP2KB